Entri Populer

Selasa, 15 Februari 2011

Sulitnya untuk mendapatkan Sertifikasi Sistem Manajemen

Untuk dapat disertifikasi memang diperlukan usaha yang kuat dari semua pihak yang terlibat, belum lagi ditambah urusan cetak-mencetak dokumen plus perekaman kegiatan melalui pembuat laporan kegiatan. Secara umum Lembaga Sertifikasi akan meminta penerap untuk melaksanakan (sistem manajemen)nya minimal 3 (tiga) bulan. hal ini dimaksud agar seluruh persyaratan yang diminta sudah sesuai dan diterapkan.

Anda juga perlu melakukan beberapa sosialisasi dan pelatihan guna menghadapi audit yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi. bila tidak sesuai dengan persyaratannya maka kemungkinan anda akan mendapatkan temuan fatal. dan bila ini terjadi maka anda akan dihadapkan dengan audit susulan disamping dikenakan biaya tambahan lainnya kompensasi atas kedatangan auditor eksternal tsb.

Maka ada beberapa hal yang diperlukan untuk tidak berakhir pada skenario di atas:
1. Mengundang Konsultan yang berpengalaman untuk itu (tentu saja ini adalah usaha yang paling efektif)
2. Bila point 1 tidak anda lakukan, pelajari seluruh persyaratan yang ada, biasanya ini dilakukan dengan membaca beberapa perrsyaratan termasuk persyaratan yang menyertainya. 
3. Membeli persyaratan standar yang harus dibaca (tentunya tidak bijaksana untuk menjadi pelanggat        copyright dengan membajak standar2 tsb.)
4. Tularkan pengetahuan anda dengan karyawan kunci anda
5. Lakukan penyusunan sistem sesuai dengan persyaratan yang telah anda pelajari
6. bila sudah selesai lakukan sosialisasi kepada karyawan
7. Pada proses ini, anda sudah sampai pada penghujung persiapan sertifikasi,yaitu melakukan pengukuran dan pemantauan sistem.
8. Lakukan Pelatihan Audit Internal (tentunya ini tidak dapat anda lakukan sendiri !!)
9. Lakukan Audit dan Tinjauan Manajemen
10. stelah tahapan ini, bila hasil audit dan tinjauan manajemen selesai dan hasilnya menunjukan keefektifan penerapan sistem manajemen anda, maka anda siap di audit oleh lembaga sertifikasi.

Bila point 2-10 tersebut terlalu sulit dan rumit untuk dilaksanakan, maka pilihan anda haruslah pada point 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar