Entri Populer

Sabtu, 19 Februari 2011

Panduan ISO 9001 untuk (organisasi) Pendidikan

ISO ( International Organization for Standardization ) adalah federasi dunia badan-badan standar nasional (Badan anggota ISO). pekerjaan teknis ISO biasanya dilakukan melalui komite teknis ISO di mana masing-masing anggota ISO berhak untuk diwakili. Organisasi-organisasi internasional, pemerintah dan nonpemerintah, bersama ISO, juga mengambil bagian dalam pekerjaan.

ISO 9001:2008 adalah sistem manajemen mutu yang berhubungan dengan kepauasan pelanggan. Dalam penerapannya ISO 9001 ini digunakan oleh berbagai jenis industri. ISO 9001 adalah standar yang generik sehingga perlu pemahaman yang lebih.

Disamping itu pula, dalam rangka merespon kebutuhan pasar yang mendesak, ISO juga telah memperkenalkan kemungkinan untuk mempersiapkan dokumen melalui mekanisme workshop, eksternal dengan proses normal komite. Dokumen-dokumen ini diterbitkan oleh ISO sebagai IWA (International Workshop Agreement (IWA). Proposal untuk mengadakan workshop tersebut dapat datang dari sumber manapun dan tunduk pada persetujuan dari ISO Teknis Badan Pengelola yang juga menunjuk negara anggota ISO untuk membantu pemohon dalam organisasi dari lokakarya. IWA disetujui secara konsensus antara peserta individu dalam lokakarya tersebut. Meskipun workshop ini diizinkan diharapkan Workshop ini tidak bertentangan dengan persyaratan standar ISO atau standar IEC yang ada.

IWA ditinjau setelah tiga tahun, di bawah tanggung jawab anggota badan yang ditunjuk oleh Dewan Manajemen Teknis, dalam rangka untuk memutuskan apakah akan dikonfirmasikan untuk lebih tiga tahun, ditransfer ke Panitia Teknis ISO untuk direvisi, atau ditarik. Jika IWA dikonfirmasi, ditinjau kembali setelah tiga tahun lebih lanjut, di mana saat itu harus direvisi oleh badan ISO yang relevan teknis atau ditarik.

IWA telah diterbitkan thn. 2007 untuk memenuhi kebutuhan penerapan sistem ISO 9001:2008 untuk memandu institusi pendidikan dalam menerapkan sistem manajemen mutu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar