Entri Populer

Sabtu, 19 Februari 2011

ISO 9001:2008

Ini adalah Sistem Manajemen yang berhubungan dengan mutu, dimana telah diterbitkan untuk ke 4 kalinya. mulai dari tahun 1987, 1994, 2000 dan terakhir tahun 2008.  Sistem ini telah banyak digunakan oleh berbagai organisasi baik besar maupun kecil, manufacturing atau jasa. fokus sistem ini adalah kepuasan pelanggan melalui pemenuhan persyaratan pelanggan.

Ada 8 Bab yang disyaratkan dalam ISO 9001:2008, dari 8 Bab tersebut terdapat 5 Bab yang merupakan persyaratan wajib. yaitu:
Bab I     Ruang Lingkup
Bab II     Referensi Normatif
Bab II     Definisi dan terminologi
Bab IV   Sistem Manajemen Mutu
Bab V    Tanggung jawab Manjemen
Bab VI   Manajemen Sumberdaya
Bab VII  Realisasi Produk
Bab VIII Pengukuran, Analisa dan Peningkatan

oleh penyusun sistemnya dibuatkanlah persyaratan berbentuk gambar yg namanya Proses Model, seperti di bawah ini:

Model sistem manajemen mutu berdasarkan proses yang ditunjukkan dalam Gambar menggambarkan hubungan proses yang disajikan dalam pasal 4 sampai 8. Gambaran ini menunjukkan bahwa pelanggan memainkan peran berarti dalam menetapkan persyaratan sebagai masukan. Pemantauan kepuasan pelanggan menghendaki evaluasi informasi berkaitan dengan persepsi pelanggan tentang apakah organisasi telah memenuhi persyaratan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar